Home » , » Manfaat dan Khasiat Daun Manggis

Manfaat dan Khasiat Daun Manggis

Written By Singarimbun on Friday, November 30, 2012 | 12:21 AM

Kita mungkin sering sekali melihat buah manggis, dan sebagian dari kita mungkin sering sekali melihat pohon manggis karena di sekitar rumahnya terdapat tanaman manggis ini. Tidak banyak orang yang mengetahui kahasiat dan manfaat manggis mulai dari daun, buah, pohon dan akarnya secara spesifik. Agar kita lebih mengetahui manfaat dari daun manggis atau mungkin seluruh bagian dari tanaman yang nama latinnya Garcinia mangostana L ini mari kita baca artikel ini secara lebih terperinci.

Manggis adalah tanaman berbatang dan termasuk kedalam jenis tanaman tua, sebuah pohon manggis akan berproduksi secara optimal minimal setelah umur 5 tahun sejak pertama kali ditanam. Daun manggis tentu saja dapat dimanfaatkan sejak pertama kali tanam, daun dari pohon muda atau tua sama saja khasiatnya. Cara pengolahan daun manggis menjadi herbal yang baik cukup sederhana, yang kita butuhkan dari dariya hanyalah ekstrak daun manggis tersebut. Untuk mengekstrak daun manggis ini dapat dilakukan dengan merebusnya atau menumbuk dan mengeluarkan sari dari daun tersebut.

Khasiat daun manggis

Berikut manfaat dan khasiat dari daun manggis yang telah diteliti oleh para ahli dari berbagai universitas di dunia termasuk IPB dan UI, dari berbagai pendapat tersebut maka dapat dirangkum sebuah intisari tentang manfaat dari daun manggis ini untuk kesehatan kita:

  1. Mencegah dan menyembuhkan beberapa jenis kanker, terutama kanker hati, usus dan paru-paru. Ekstrak dari daun manggis ini dapat mencegah pertumbuhan sel-sel pada penderita leukimia, juga menahan laju pertumbuhan sel-sel kanker tersebut. 
  2. Selain mencegah kanker ternyata ekstrak daun manggis juga bisa dimanfaatkan untuk menurunkan berat badan, hal ini terbukti karena daun manggis mengandung zat yang dapat mengurai lemak menjadi energi, oleh karenanya terkadang setelah minum ekstrak daun manggis ini stamina kita terasa meningkat dalam sesaat.
  3. Bila dikonsumsi secara rutin ekstrak daun manggi ini juga bermanfaat untuk mengurangi rasa sakit pada semua jenis penyakit. 
  4. Ekstrak daun manggis ini terbukti ampuh melawan radikal bebas karena mengandung catechins, zat ini bisa dikatakan lebih ampuh dari vitamin C dan E dalam melawan radikal bebasa dalam tubuh. seorang dokter penulis buku “A Doctor Challenge, A Mangosteen Solution”sangat menyarankan agar orang mengkonsumsi manggis untuk menambah kadar antioksidan didalam tubuh.
  5. Anda seorang penderita tekanan darah tinggi? maka konsumsilah produk-produk olahan dari manggis ini secara teratur termasuk daun manggis. Mengapa ekstrak daun manggis bisa mengobati hipertensi? maka jawabannya adalah point nomor 2, dimana kandungan ekstrak daun manggis ini dapat melunakkan lemak-lemak yang mengeras. Penyebab utama dari hipertensi adalah karena penyumbatan pembuluh darah oleh partikel-pertikel terutama lemak.
  6. Sejak zaman dahulu kala nenek moyang kita telah memanfaatkan daun manggis ini sebagai obat diare dan terbukti keampuhannya secara turun temurun. Mengolah daun manggis menjadi obat diare cukup dengan menghaluskannya dengan cara ditumbuk dengan garam, campur ramuan tersebut dengan air hangat dan minum airnya. 
  7. Karena dapat mengurai lemak maka ekstrak daun manggis ini secara logika dapat digunakan untuk menurunkan kadar koleserol dalam darah, kolesterol tinggi sudah menjadi penyakit masyarakat Indonesia secara umum padahal manggis paling banyak terdapat di Indonesia ini.
  8. Meningkatkan energi yang didapat dari penguraian lemak dan mengubahnya menjadi energi, sangat dianjurkan bagi anda yang sehari-hari banyak bekerja dengan tenaga otot mengkonsumsi daun manggis ini secara rutin. Agar lebih mudah dan tidak membosankan dalam mengkonsumsinya, maka daun manggis ini juga dapat dijadikan sebagai lalapan saat makan, daun yang dilalap tentu saja daun manggis yang masih muda (daun pucuk)
  9. Kandungan manggis juga bermanfaat untuk mengobati mata, penyakit mata juga sangat berkaitan dengan lemak, lemak yang mengumpul di mata ini biasanya kan menyebabkan mata minus. Jadi bagi anda yang menderita penyakit mata ada baiknya juga mengkonsumsi produk olahan manggis ini secara rutin. 
Secara umum tanaman manggis tumbuh dan menyebar di seluruh Indonesia, setiap provinsi bisa kita temukan tanaman ini. Manggis termasuk tanaman musiman (berbuah hanya pada musimnya), karena musiman ini maka tidak mungkin setiap saat kita dapat mengkonsumsi buah manggis. Untuk mengakalinya kita bisa mengkonsumsi produk olahan manggis yang banyak beredar di pasaran saat ini atau kita bisa saja hanya mengkonsumsi daun manggis sebab daun manggis tersedia sepanjang tahun di daerah kita tinggal. 
Share this article :

9 comments:

  1. bagus.....

    tapi seharusnya ada cara mengolah daun manggis nya juga :)

    ReplyDelete
  2. daun manggis biasa saya rebus dan airnya diminum ..sederhn kok..!

    ReplyDelete
  3. Info yg sngt br manfaat terimakasih

    ReplyDelete
  4. Info yg sngt br manfaat terimakasih

    ReplyDelete
  5. Boleh kah daun manggis merawat kencing manis? Harap dpt bantu saya.

    ReplyDelete
  6. konsultasikan keluhan anda seperti kencing nanah, kencing manis/ diabetes, sipilis, gonore kutil kelamin dll bersama denature. hubungi kami:
    call/sms/wa: 0877 3676 6326 bbm: D39F5E23

    link lainnya:
    cara mengobati kutil kelamin pada pria

    Mengobati Kutil Kelamin Tanpa Efek Samping

    Obat Alami Kutil Kelamin

    Obat Kutil Kelamin Alami

    Obat Kutil Kelamin Tradisional

    ReplyDelete